BLC Telkom Klaten

Wednesday, March 6, 2024

Prinsip Dasar Akuntansi

Definisi Akuntansi

    Adalah kegiatan atau proses pencatata, penggolongan, peringkasan, transaksi-transaksi keuangan yang terjadi pada suatu organisasi dan melaporkan/menyajikan serta menafsirkan hasilnya.

      Akuntansi tersebut dipakai baik oleh organisasi-organisasi yang bersifat untuk semata-mata mencari keuntungan maupun organisasi-organisasi ynga sifatnya tidak mencari keuntungan. Pemakaian ini untuk mencatat transaki-transaksi keuntungan yang terjadi pada organisasi tersebut yang kemudian hasilnya salah satunya untuk memberikan informasi laporan keuangan.

Kegunaan Akuntansi

        Kegunaan akuntansi adalah memberikan onformasi yang sangat diperlukan baik oleh pihak-pihak yang memerlukan baik pihak intern sendiri maupun pihak ekstern. 

Profesi Akuntansi

        Pada umumnya akuntansi dibedakan menjadi dua bidang akuntansi publik dan akuntansi intern.

       Akuntansi Publik adalah akuntan yang memberikan jasanya untuk melayani kebutuhan masyarakat. Untuk itu akuntan publik menerima imbalan dari pemakaian jasa, seperti halnya dokter atau penasehat hukum. 

        Akuntansi Intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan tertentu. Berbeda dengan akuntan publik, akuntan intern hanya melakukan pekerjaan untuk kepentingan perusahaan dimana ia bekerja. Akuntan intern sangant beraneka ragam, ada yang disebut kontroler, bendahara atau kepala bidang keuangan

        Akuntan Pemerintah adalah akuntan yang dipekerjakan pada sebuah lembaga pemerintah. 


No comments:

Post a Comment

Prinsip Dasar Akuntansi (macam-macam bidang akuntansi)

 Macam-macam bidang akuntansi seperti berikut 1. Akuntan Publik               Pemeriksaan laporan keuangan (auditing) adalah bidang pekerjaa...